Pasar Rakyat Tualang Baro Senilai 4 Miliar Belum Difungsikan, Ada Apa?

Whatsapp Image 2022 07 14 At 2.19.07 Pm E1657794386239
Pasar Rakyat Tualang Baro II di Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang.

Liputanesia, Aceh Tamiang – Pasar Rakyat Tualang Baro II, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, hingga kini belum difungsikan ada apa?.

Bangunan pasar rakyat yang sudah selesai dibangun menggunakan APBN pada tahun 2021 senilai Rp 4 miliar diperuntukkan sebagai pusat pasar bagi masyarakat di sekitar lokasi belum juga di fungsikan, sehingga membuat warga bertanya-tanya ada apa.

Bacaan Lainnya

Dikutip Theacehpost.com Kamis, 14 Juli 2022, bangunan Pasar Rakyat ini terdapat 16 pintu kios dan 84 meja. Fasilitas tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang awalnya berdagang di sekitar lokasi pasar, dengan tujuan sebagai upaya penataan para pedagang agar lebih tertib dan rapi.

Whatsapp Image 2022 07 14 At 17.26.42
Kondisi Pasar Rakyat Tualang Baro Saat Ini, Kamis (14/7/2022).

Belum difungsikannya bangunan pasar tradisional ini turut menuai sorotan dari Ketua Komisi II DPRK Aceh Tamiang, Saiful Sofyan.

Menurutnya, berdasarkan hasil tinjauan lapangan pada bulan Mei lalu, belum difungsikannya bangunan pasar ini dikarenakan tidak adanya sambungan arus listrik serta air, dalam perencanaan pembangunan pasar ini.

“Kita menyarankan agar dinas terkait segera menyusun RKA (rencana kerja dan anggaran) pada anggaran perubahan tahun 2022 dan pengelolaan pasar ini sebaiknya tidak diberikan kepada pihak kecamatan, melainkan dinas terkait dapat membentuk UPTD, sehingga pengelolaannya dapat lebih maksimal.” pintanya.

Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang, Rudi Heriansyah menjelaskan, membenarkan jiga Pasar Rakyat tersebut belum bisa difungsikan karena belum adanya sambungan (instalasi) listrik dan air.

“Kita akan segera melakukan rapat bersama pihak kecamatan dan perangkat kampung setempat, untuk mencari solusi agar pasar rakyat ini dapat difungsikan dan tidak terbengkalai,” kata Rudi saat dikonfirmasi.

Pos terkait