Normalisasi Kolong, Benahi Infrastruktur, PUPR Lingga Fokus Tangani Banjir di Singkep Tahun ini

Whatsapp Image 2021 09 02 At 22.31.10 E1630641893426
Kadis PUPR Lingga Novrizal ST Melalui Kepala Bidang SDA Ardi ST, Kamis (2/9/2021).

Liputanesia.co.id, Lingga- Pada tahun 2021 ini, dinas PUPR Kabupaten  Lingga akan melaksanakan kegiatan normalisasi kolong/waduk Batu Kacang untuk mengatasi banjir di kota Dabo, Kecamatan Singkep, Kamis (2/9/2021).

Kadis PUPR Lingga Novrizal ST Melalui Kepala Bidang SDA Ardi ST menjelaskan, Mengingat permasalahan banjir yang ada dikota Dabo, pada tahun sebelumnya dinas PUPR telah menyiapkan kegiatan penyusunan master plan pengendalian banjir di wilayah Kecamatan Singkep ini.

Bacaan Lainnya

“Kita ingin membenahi dan mencari solusi dari permasalahan tersebut, Sementara ini titik lokasi banjir ada 12 titik genangan,” tuturnya.

Ke 12 kokasi yang di maksud diantaranya Jalan Bukit Abun, Bukit Kapitan,Jalan Pelabuhan, Belakang Kantor BPJS, Kantor Kelurahan Dabo,Jalan Pelajar SMA 1, Lorong Fajar, Jalan Hang Lekir Sungai Lumpur, Simpang Patung, Belakang SMA 2, Pertanian Sungai Lumpur serta Jalan Raya Berindat.

Di tambahkan  pria yang akrab di sapa Ardee ini, pihaknya sudahpun melakukan identifikasi di titik-titik genangan tersebut meliputi Luas genangan, lama genangan, tinggi genangan dan pemecahan permasalahan genangan yang ada di Dabo singkep.

“Ini dilakukan agar kita nantinya bisa menyelesaikan permasalahan banjir ini lebih tepat,” ungkapnya.

Pada musrenbang kecamatan sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang(PUPR)juga sudah menyampaikan kepada masyarakat tentang rencana kegiatan pada tahun ini.

Salah satu upaya yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini  adalah pembenahan di hulu aliran yakni lokasi kolong/waduk Batu Kacang.

“Ini menjadi prioritas kita untuk mengatasi debit air banjir yang melimpah ke kota Dabo khususnya, daerah Bukit Abun dan sekitarnya saat hujan. Untuk mengatasi banjir Pekerjaan tersebut kita lakukan bertahap. Kita membenahi drainase yang ada didabo seperti lokasi Simpang Patung yang saat ini sedang pembangunan drainase,” jelasnya panjang lebar.

Pada tahun-tahun berikutnya Bupati dan Wakil Bupati Lingga juga meminta dinas PUPR untuk fokus menangani permasalah banjir di kota Dabo ini.

Selain itu pemerintah Kabupaten Lingga juga melalui Dinas PUPR meminta bantun ke kemeterian PU melalui Balai Wilayaha Sungai Sumatera IV ( BWSS IV ) untuk ikut serta menanggulangan banjir kota Dabo.

Pos terkait