Musyawarah Pembentukan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kepulauan Anambas 2022-2026 Berjalan dengan Lancar

Whatsapp Image 2022 02 14 At 07.18.16
Pemuda ansor ( PC. GP. Ansor) Kabupaten Kepulauan Anambas, Minggu (13/2/2022).

Liputanesia.co.id, Anambas – Ba’da Isya telah diselenggarakan musyawarah pembentukan pimpinan cabang gerakan pemuda ansor ( PC. GP. Ansor) Kabupaten Kepulauan Anambas. Musyawarah dilaksanakan di masjid agung baitul makmur anambas, Minggu (13/2/2022).

Dalam musyawarah tersebut dihadiri oleh beberapa unsur pemuda, Ulama, para pimpinan pondok pesantren, asatidz dan juga beberapa tokoh masyarakat. Pembentukan Kepengurusan tersebut berdasarkan Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga GP Ansor serta mandat dari Rahmad Budi Harto, SE., MM. Selaku Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan  Pemuda Ansor Provinsi Kepulauan Riau dengan Surat Mandat Nomor 03/PW/SR-02/II/2022.

Bacaan Lainnya

Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, kebangsaan, dan keagamaan yang berwatak kerakyatan. Gerakan Pemuda Ansor atau disingkat GP Ansor adalah badan otonom di bawah Nahdlatul Ulama (NU). Didirikan pada 10 Muharram 1353 Hijriyah atau bertepatan dengan 24 April 1934 di Banyuwangi, Jawa Timur.

Adapun maksud serta tujuan GP Ansor adalah Membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang cerdas dan tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patriotik, ikhlas dan beramal shalih.

Menegakkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan menempuh manhaj salah satu madzhab empat di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berperan secara aktif dan kritis da lampembangunan nasional demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yang berkeadilan, berkemakmuran, berkemanusiaan dan bermartabat bagi seluruh rakyat Indonesia yang diridhoi Allah SWT.

Berdasarkan hasil musyawarah tersebut, ditetapkan kepengurusan Masa Khidmat 2022-2026 sebagai berikut:

Penasehat,

  1. Ketua. : ABDUL HARIS, SH
  2. Wakil Ketua : WAN ZUHENDRA
  3. Sekretaris : SAHTIAR, SH., MH.
  4. Anggota. : H. MOHD. DUN UMAR, BA
  5. Anggota. : Dr. MASYKUR, ST., MM.

Pengurus,

  1. Ketua : SAIFUL ANWAR, S.E
  2. Wakil Ketua. : ALI MUHSIN, S.Pd.I
  3. Wakil Ketua. : M. NA’IM
  4. Wakil Ketua : FAUZAN
  5. Wakil Ketua : MUKSIN, S.Pd.
  6. Wakil Ketua : RUDI HARTONO, S.Ud.
  7. Wakil Ketua : ANWAR ADNAN
  8. Sekretaris : CECEP AHMAD ALAWI, S.Ag
  9. Wakil Sekretaris : TAFTAZANI, S.Ag.
  10. Wakil Sekretaris : SUMARYONO, S.Pd.I
  11. Wakil Sekretaris : Drs. ASWAR
  12. Wakil Sekretaris : ROHADI, S.Pd.I
  13. Wakil Sekretaris : SULAIMAN
  14. Wakil Sekretaris : ERWAN membentuk pemuda Ansor
  15. Bendahara : JONI MARYANTO
  16. Wakil Bendahara : ZAINAL
  17. Wakil Bendahara : ASEP SUTISNA
  18. Wakil Bendahara : AZWARDI, S.Pd.I
  19. Wakil Bendahara : NURHADI
  20. Wakil Bendahara : SYAHRIL

Ketua terpilih (Saiful Anwar, S.E) mengatakan, secara kultural masyarakat anambas masih mendominasi spiritual amaliyahnya cenderung kepada Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang bermazhab Syafi’I, hal ini akan lebih semangat lagi jika terorganisir dengan baik.

Bahwa Sesungguhnya GP Ansor merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya dan cita-cita Nahdlatul Ulama untuk berkhidmat kepada perjuangan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, tuturnya.

Ia juga menambahkan, PC GP Ansor Anambas akan turut andil dalam menjaga tradisi-tradisi amaliyah berdasarkan ajaran Islam Ahlussnnah Wal Jama’ah dalam koridor moderasi beragama, PC GP Ansor Anambas turut bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membentuk generasi muda yang berdaya saing, maju dan berakhlakul karimah.

Semoga dengan terbentuknya PC. GP Ansor Anambas dapat meningkatkan giroh keislaman serta mampu melanjutkan estafeta perjuangan bangsa. Ada pepatah arab mengatakan “Kebenaran yang tidak terorganisir, dapat dikalahkan oleh kabatilan yang terorganisir.” Pungkas ketua terpilih Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kepulauan Anambas Saiful Anwar.SE.

Pos terkait