Kado HUT ke 18 Tahun, Lingga Capai 100 Persen Desa Berlistrik

Img 20211111 Wa0020
Bupati Lingga, Muhammad Nizar meresmikan secara langsung PLTD Desa Busung Panjang, Kecamatan Posek, Rabu (10/11/2021).

Liputanesia.co id, Lingga – Bupati Lingga, Muhammad Nizar meresmikan secara langsung PLTD Desa Busung Panjang, Kecamatan Posek, Rabu (10/11/2021).

Upaya melistriki desa-desa yang belum mendapat aliran listrik dari PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, telah dilakukan pemerintah daerah dengan berkerjasama dengan pihak PT PLN (Persero), sejak 2016 silam. Sepanjang perjalanan, beberapa diantaranya sempat terhenti karena pademi.

Bacaan Lainnya

Dan pada akhirnya, perjuangan panjang untuk menerangi semua desa yang ada di Kabupaten Lingga tercapai di tahun 2021 ini. Ini merupakan kado istimewa disaat Kabupaten Lingga sedang merayakan ulang tahun usianya yang ke-18 tahun, pada 20 November mendatang.

“Jadi, saya merasa terpanggil sebagai putra daerah juga, karena di kampung saya juga pulau dan bagaimana desa kita, alhamdulilah sudah ada PLN. Sebagaimana disampaikan oleh pak Dirut PLN tadi, Desa Busung Panjang sebagai desa penutup yang sudah dialiri listrik selama 14 jam,” terang Nizar dihadapan pemerintah dan masyarakat Desa Busung Panjang yang begitu antusias menyambut syukur atas terangnya desa mereka.

Lebih lanjut, dengan usulan yang telah ada, termasuk usulan baru terkait penerangan di Pulau Nuje, akan diusahakan terealisasi tahun 2022.

Nizar berharap kehadiran listrik hari ini ditengah-tengah kehidupan masyarakat, khusus masyarakat di pulau-pulau, dapat memberikan manfaat dan efektivitas yang berkelanjutan. Misalnya dalam membantu kebutuhan sehari-hari, bermanfaat untuk UMKM dan sebagainya.

Terakhir, dia mengucapkan terimakasih, terutama kepada PT PLN (Persero), Rayon Dabosingkep yang telah berjibaku dengan pemerintah daerah, DPRD, kecamatan, desa dan masyarakat dalam usaha penerangan/elektrifikasi hingga ke desa-desa.

“Dan saat ini, kita tinggal menikmati dan menjaga dengan sebaik-baiknya. Kerana ini tidak gampang butuh proses dan waktu yang sangat panjang untuk listrik bisa sampai ke sini selama 14 jam,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Busung Panjang, Nobaryansyah mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang dirasakan andil yang capaiannya merealisasikan kehadiran listrik PLN ditengah-tengah desanya.

“Jadi memang ada usaha-usaha yang tidak mudah. Baik ke bapak Bupati, komunikasi dengan Dirut PLN, hingga melakukan komunikasi dengan Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Riau,” jelas dia.

“Awalnya ada 100 kWh, tapi alhamdulilah kita dapat dibantu untuk Busung Panjang, dengan kapasitas 111 kWh. Itu semua dari bantuan dana CRS pertambangan yang ada di Kabupaten Lingga,” jelas mantan Ketua IMKL Kota Tanjungpinang ini.

“Terima kasih Bupati Lingga, Ketua DPRD Lingga, Kadis PUTR, Kecamatan Kepulauan Posek, segenap jajaran pemerintah desa dan masyarakat Desa Panjang. Semoga kehadiran Bupati selaku pimpinan daerah, membawa perubahan lebih untuk kami,” ucap dia.

Pos terkait