Gubernur Ansar Melepas 449 Jamaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Batam

Gubernur Ansar Melepas 449 Jamaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Batam
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melepas secara langsung sebanyak 449 Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 01 melalui Embarkasi Batam,  di Aula Arafah 2 Asrama Haji, Kota Batam, Rabu (15/06/2022).

Liputanesia, Batam – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melepas secara langsung sebanyak 449 Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 01 melalui Embarkasi Batam,  di Aula Arafah 2 Asrama Haji, Kota Batam, Rabu (15/06/2022).

Dalam sambutannya Ansar menyampaikan dengan kondisi saat ini masyarakat patut mensyukuri karena lebih duabkali musim haji Embarkasi Batam tidak dapat memberangkatkan jemaah haji, bukan hanya di Indonesia tapi  juga dari negara lain karena badai pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

“Berkat kerjasama dan izin Allah hari ini kita bersyukur dan berbahagia karena  masih diberikan kesempatan  oleh Allah SWT, disisa umur yang kita punya sehingga dapat melaksanakan ibadah haji tahun ini,” ujarnya.

Perjalanan haji menurut Ansar, merupakan perjalanan yang penuh dengan airmata, karena ketika berada di Baitullah baru disadari bahwa betapa kecil, betapa tidak berdaya dan betapa terbatasnya kemampuan manusia di hadapan Allah SWT.

Perjalanan ini  juga merupakan perjalanan wawasan karena bukan hanya para jamaah nasional saja,  namun juga umat negara lain juga turut melaksanakan ibadah haji sehingga terbuka wawasan bahwa islam itu adalah agama universal yang artinya dari negara manapun tatacara beribadah tetap sama sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

“Ibadah haji adalah salah satu bentuk ketaatan hamba kepada  sang pencipta,” jelasnya.

Kepada Calon Jemaah Haji, Ansar mewakili Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kabupaten/ Kota Provinsi Kepulauan Riau mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji dan berpesan menjaga nama baik bangsa di tanah suci.

“Jadilah duta-duta bangsa, tunjukan kalau bangsa Indonesia memiliki warga negara yang berkualitas, tertib, harmonis dan damai. Kami juga titip doa, agar Negeri kita terhindar dari Musibah, Ekonomi kembali membaik dan Para Pemimpin negeri ini selalu dalam lindungan Allah SWT serta Negeri selalu diberikan keberkahan,” harapnya.

Disamping itu Ansar juga berpesan agar para JCH senantiasa menjaga kesehatan dan para petugas haji agar bekerja dengan penuh amanah dan tanggungjawab menjaga rombongannya.

“Jaga kesehatan dengan baik, yang masih kuat dan memiliki tenaga lebih hendaknya saling bantu membantu terutama kepada jamaah yang relatif tua  dan petugas kloter agar dapat memfasilitasi jamaah dengan baik. Doa saya, semoga nantinya semua jamaah dapat kembali ke tanah air dengan sehat, selamat dan menjadi Haji Mabrur ,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini Gubernur Ansar juga memberikan bantuan berupa uang tunai serta bingkisan makanan berupa olahan makanan dari UMKM dari PKK Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka mendorong pemanfaatan produk dalam negeri.

“Semoga pemberian ini bisa dimanfaatkan dalam perjalanan  selama di Mekah dan Madinah.  Selamat jalan, mudah-mudahan perjalanan ini selalu dapat perlindungan dan ridho dari Allah dan bapak serta ibu semua menjadi haji yang mabrur nantinya,” tutupnya.

Sementara itu Ketua PPIH Embarkasi Batam Mahbub Daryanto dalam laporannya menyampaikan Calon Jamaah Haji Kloter 01 yang akan diberangkatkan pada hari ini berjumlah 449 orang dengan rincian dari Kota Tanjungpinang 94 orang, Kota Batam 157 orang, Kkabupaten Karimun 36 orang, Kabupaten Bintan 34 orang, Kabupaten Lingga 19, Kabupaten Natuna 46, Kabupaten Kepulauan Anambas 19 orang serta 44 orang petugas kloter.

“Kloter 01 hari ini dijadwalkan akan take off dari Bandara Hang Nadim Batam pukul 13.45 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara King Abdul Aziz pukul 18.35 waktu Arab Saudi,” jelasnya.

Turut hadir pada kesempatan ini perwakilan FKPD Provinsi Kepulauan Riau, Bupati/ Walikota Se-provinsi Kepulauan Riau, Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau sekaligus Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Hj. Dewi Purnamasari, Staf Khusus Gubernur Syarafuddin Aluan serta beberapa Kepala OPD Provinsi Kepulauan Riau.

Pos terkait