Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu Tinjau Penanganan Tes Swab Antigen Terhadap 204 Pekerja Migran Indonesia

Whatsapp Image 2021 10 09 At 19.34.09
Sebanyak 204 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Singapura dan Malaysia datang ke indonesia malalui Pelabuhan Internasional Batam center, Jum'at (8/10/2021).

Liputanesia.co.id, Batam – Sebanyak 204 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Singapura dan Malaysia datang ke indonesia malalui Pelabuhan Internasional Batam center, Jum’at (8/10/2021).

Pemulangan Pekerja Migran (PMI) tersebut, tiba dari Tanah Merah Singapura. pada pukul 12.52 Wib, dengan jumlah penumpang 5 orang WNI. dan pada pukul 13.50 Wib, kembali lagi tiba dari Tanah Merah Singapura, sebanyak 19 orang penumpang. Yang terdiri dari 18 WNI dan 1 WNA.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, pada pukul 16.14 Wib. tiba dari Stulang Laut Malaysia, dengan jumlah 180 orang penumpang terdiri dari, 177 WNI dan 3 WNA.

Data tersebut didapat dari Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Penanganan Covid-19 Daerah Perlintasan di Wilayah Provinsi Kepri.

Kemudian, PMI yang baru tiba dari negara Singapura dan Malaysia. ditempatkan di pelabuhan Internasional Batam Center, untuk langsung melaksanakan Swab Antigen.

Dari hasil Swab Antigen, terdapat 1 orang terkonfirmasi positif covid-19, dan kemudian langsung di bawa ke Rumah sakit khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang.

Komandan Satuan tugas khusus Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu S.Hub.,Int., mengatakan,” kebijakan yang di ambil untuk mereka yang tiba di indonesia. langsung di berikan swab antigen, demi menekan laju penyebaran penularan Covid 19.

“PMI yang tiba di indonosia. langsung kita Swab Antigen jangan menunggu waktu, mereka yang positif di Swab Antigen langsung kita bawak ke RSKI untuk memdapat penangan dari rumah sakit,” Ujar nya.

Apa yang di sudah di gagas oleh Dansatgassus ini menjadi apresiasi dari menteri perhubungan pada saat melaksanakan kunjungan kerja ke batam pada waktu lalu dalam rangka peninjauan penanganan pemulangan PMI di kepulauan riau.

Sementara PMI yang negatif, langsung di Swab Antigen menuju karantina selama delapan hari. dan akan di laksanakan Tes Swab PCR pertama, dan akan di laksanakan Tes Swab PCR kedua di hari ke tujuh.

Bagi PMI yang melaksanakan karantina, mereka bebas memilih. baik yang melaksanakan karantina mandiri di (Hotel) yang telah di tetapkan. maupun, karantina yang telah di siapkan oleh pemerintah (Rusun).

Laporan : Tengku Azhar.

Pos terkait