Analisis Pembangunan Multisektoral

Images 69
Gambar ilustrasi

Pembangunan merupakan suatu hal yang niscaya ada dalam unsur bernegara. Tidak hanya bagi negara tertinggal atau pun sedang berkembang, pembangunan tetap menjadi unsur utama bagi negara maju sekalipun.

Oleh karena itu kajian tentang pembangunan akan banyak dijumpai dalam banyak kajian profesional. Banyak sumber dan narasi yang bisa didapat terkait pembangunan ini.

Bacaan Lainnya

Beberapa tokoh lokal indonesia pun banyak menuliskan tentang pembangunan. Sebut saja beberapa diantaranya Ginanjar Kastasasmita dan Sondang P siagian.

Adapun menurut Ginanjar kartasasmita “Pembangunan itu adalah proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya yang terencana.”

Sedangkan menurut Sondang P Siagian “Pembangunan itu adalah rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang terencana uang dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa,negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa.”

Dalam kajian bernegara  pembangunan sebuah negara menjadi salah satu tolak ukur negara tersebut masuk dalam kategori negara tertinggal kah, berkembang atau negara maju.

Menurut Eni Anjayani,S.Si dalam buku nya “Mengenal beberapa program Pembangunan” menyebutkan bahwa ada 3 unsur penting Pembangunan yaitu Perubahan, Tujuan dan Potensi.

Perubahan menjadi tujuan dari dilakukannya pembangunan agar terwujud kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. Potensi merupakan segala bentuk kemampuan yang dimiliki yang bisa diberdayakan dalam upaya-upaya pembangunan.

Pemerintah indonesia saat ini menerapkan Pembangunan multisektoral karena melihat bahwa perubahan, tujuan dan potensi yang mesti diambil dan diperbaiki guna terwujudnya pembangunan maksimal negara tersebut meliputi berbagai sektor.

Dengan semakin canggih nya teknologi menciptakan pergerakan yang sangat  cepat dari segala lini kehidupan sehingga tidak memungkinkan lagi untuk hanya berfokus pada satu sektor dengan mengabaikan yang lainnya.

Masih menurut Eni Anjayani, S.Si beberapa solusi pembangunan yang pernah dijalankan pemerintah dan masyarakat bersama dalam rangka mensukseskan pembangunan indonesia menuju masyarakat sejahtera adalah:

A.Mengatasi Rendahnya kwalitas Sumber Daya Manusia dan Pendidikan.
Secara konkrit langkah solusi yang diambil :
1. Pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK).
yang bertujuan menambah skill keahlian manusia khususnya pemuda diusia produktif agar didapat kwalitas SDM yang bisa di jadikan potensi pembangunan.
2.Beasiswa sekolah dalam dan luar negeri.
Masih dengan tujuan yang sama yaitu agar menambah keilmuan rakyat indonesia dengan kesempatan menimba ilmu baik di dalam maupun luar negeri.

B.Mengatasi permasalahan lingkungan
1.Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan.
2. Program Kali bersih
3.Wahana Lingkungan Hidup (WALHI)

C.Mengatasi permasalahan kemiskinan.
1.Program penanggulangan kemiskinan di perkotaan.
2.Program pembangunan kecamatan.
3.Tim koordinasi penanggulangan kemiskinan.

D.Upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.
1.Desa Siaga.
2.Program indonesia sehat.

Langkah diatas merupakan beberapa contoh pilihan solusi yang di lakukan oleh pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan. Langkah nasional yang di gulirkan secara bertahap keseluruh lapisan masyarakat indonesia diatas merupakan solusi pembangunan hingga tahun 2014.

Setelah  tahun tersebut  terjadi banyak revisi dan perubahan arah pembangunan.

Multisektoral menjadi pilihan solusi jangka panjang agar pembangunan menjadi sebuah kebiasan masyarakat menuju indonesia sejahtera dengan segala potensi dan daya guna.

Img 20220110 Wa0074
Oleh : Sumarni (4042018021) Jurusan Manajemen Zakat Dan Wakaf Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Zawiyah Cotkala Langsa

Artikel

Pos terkait