Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Sidang Terbuka Senat Unsam, 680 Sarjana di Wisuda Periode II

Hengki Syahjaya
10 Okt 2024, 19:01 WIB Last Updated 2024-10-10T12:01:27Z
Rektor Unsam Prof. Dr. Ir. Hamdani, saat berikan kata sambutan pada Sidang Senat Terbuka, Kamis (10/10/2024), Liputanesia.co.id/Hengki.

Kota Langsa - Sebanyak 680 sarjana dari berbagai Fakultas pada Universitas Samudra (Unsam) Negeri Langsa di Wisuda Periode II Tahun 2024 pada Sidang Terbuka Senat, di Aula Setempat, Kamis (10/10/2024).

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam, Dr. Ir. Cut Mulyani, menyampaikan adapun 680 wisudawan dan wisudawati terdiri dari;
1. Fakultas Hukum 62 orang.
2. Fakultas Ekonomi 142 orang, terdiri; 
a. Program Studi Manajem 48 orang
b. Program Studi Pembangunan 36 orang
c. Program Studi Akutansi 42 orang

3. Fakultas Pertanian 89 orang, terdiri;
a. Program Studi Agribisnis 36 orang
b. Program Studi Agroteknologi 38 orang
c. Program Studi Akuakultur 15 orang

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 233 orang, terdiri;
a. Program Studi Sejarah 39 orang
b. Program Studi Biologi 23 orang
c. Program Studi Bahasa Inggris 18 orang
d. Program Studi Bahasa Indonesia 19 orang
e. Program Studi Geografi 22 orang
f.  Program Studi Matematika 22 orang
g. Program Studi Fisika 7 orang
h. Program Studi Kimia 15 orang
i.  Program Studi Jasmani 21 orang
j. Program Studi PGSD 47 orang

5. Fakultas Teknik 154 orang, terdiri;
a. Program Studi Sipil 41 orang
b. Program Studi Mesin 3 orang
c. Program Studi Industri 21 orang
d. Program Studi Informatika 47 orang
e. Program Studi Mifa Matematika 10 orang
f.  Program Studi Mifa Biologi 21 orang
g. Program Studi Mifa Kimia 10 orang
h. Program Studi Mifa Fisika 1 orang

Sementara Rektor Unsam Prof. Dr. Ir. Hamdani, dalam sambutannya mengatakan, kita hidup di zaman yang penuh dinamika. Kemajuan teknologi informasi telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan manusia.

“Dari cara kita bekerja, berkomunikasi, hingga cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Dunia kerja saat ini semakin menuntut penguasaan keterampilan di bidang teknologi informasi, mampu beradaptasi dengan perubahan cepat, berpikir kreatif, dan menguasai alat-alat digital yang semakin canggih,” ucapnya.

Namun, perubahan yang cepat ini juga membawa tantangan, sebagai lulusan sarjana, Anda tidak bisa lagi hanya berfokus pada cita-cita tradisional, seperti menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Di luar sana, sektor swasta menawarkan begitu banyak peluang yang menanti talenta-talenta muda seperti Anda.

“Perusahaan-perusahaan nasional maupun internasional sangat membutuhkan profesional yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kemampuan teknis dan keterampilan komunikasi yang kuat, serta mampu bekerja dalam tim yang dinamis,” jelas Hamdani.

Lebih dari itu, timpal rektor menambahkan, salah satu tantangan dan peluang terbesar yang ada dihadapan Anda adalah kesempatan untuk menciptakan lapangan kerja baru. Indonesia, negara besar dengan kekayaan sumber daya alam yang luar biasa, membutuhkan inovasi dan jiwa kewirausahaan dari generasi muda.

“Sumber daya alam kita sangat melimpah dan beragam, namun untuk mengelolanya dengan bijak dan berkelanjutan, diperlukan ide-ide kreatif serta inovasi yang memanfaatkan teknologi modern,” terangnya.

Sebagai lulusan Unsam, Anda memiliki peran strategis dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat. Mengembangkan bisnis berbasis digital, memanfaatkan potensi ekonomi kreatif, atau membangun startup yang berfokus pada solusi berbasis teknologi merupakan peluang yang sangat besar untuk masa depan.

“Dengan teknologi, batasan geografi tidak lagi menjadi halangan. Anda bisa membangun bisnis dari Aceh hingga dikenal di seluruh dunia,” tegas Hamdani.

Di dunia yang semakin kompleks dan penuh tantangan ini, jiwa kewirausahaan sangatlah penting. Kewirausahaan bukan hanya soal membuka bisnis, tetapi juga tentang bagaimana Anda bisa berpikir inovatif, mengambil resiko yang terukur, dan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat. Ini adalah sikap yang diperlukan tidak hanya oleh para pengusaha, tetapi juga oleh profesional di berbagai sektor. Penguasaan teknologi informasi harus menjadi senjata utama Anda dalam berwirausaha dan beradaptasi di dunia kerja modern.

Ingatlah, bahwa saat ini kita tidak hanya bersaing di tingkat nasional, tetapi juga di panggung global. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu meningkatkan kapasitas diri, tidak hanya dalam ilmu pengetahuan tetapi juga dalam penguasaan teknologi. Keterampilan dalam data analitik, pemrograman, pemasaran digital, hingga kecerdasan buatan (artificial intelligence) menjadi sangat diperlukan. Tapi semua itu harus dibarengi dengan jiwa kewirausahaan yang kuat, yang tidak takut gagal, dan selalu siap untuk bangkit dan berinovasi.

Namun ada satu hal penting lagi yang harus selalu Anda ingat, yaitu menjaga nama baik almamater tercinta Universitas Samudra. Universitas ini telah menjadi tempat di mana Anda mengembangkan diri, menimba ilmu, dan membangun fondasi bagi masa depan Anda.

“Dimanapun Anda berada, apapun profesi yang ditekuni, membawa nama Universitas Samudra bersama Anda. Keberhasilan Anda di dunia luar adalah cerminan dari kualitas pendidikan dan nilai-nilai yang ditanamkan di universitas ini,” papar Rektor.

Jaga integritas, tunjukkan dedikasi, dan teruslah berprestasi. Nama baik Universitas Samudra tidak hanya ditentukan oleh gedung-gedung atau fasilitasnya, tetapi oleh Anda para alumninya. Jadikan setiap tindakan Anda sebagai wujud kebanggaan dan penghargaan terhadap almamater. Dengan demikian, Anda turut membantu meningkatkan reputasi Universitas Samudra di tingkat nasional maupun internasional.

Lebih lanjut ditegaskan rektor, “Kesuksesan anak-anak kita hari ini tentu tidak lepas dari dukungan luar biasa dari orang tua wali wisudawan/wisudawati semua. Perjuangan panjang yang telah mereka lalui didukung oleh doa, pengorbanan, dan motivasi tanpa henti dari orang tua dan keluarga.

Izinkan saya, atas nama para wisudawan dan wisudawati, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang tua, tanpa dukungan dari semua, mereka tidak akan bisa berdiri dengan bangga di sini, hari ini, pungkas Rektor Unsam Prof. Dr. Ir. Hamdani.

Iklan