Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pj Walikota Langsa Raih Penghargaan SAKIP

Hengki Syahjaya
2 Okt 2024, 18:16 WIB Last Updated 2024-10-02T11:26:32Z
Pj Walikota Langsa Syaridin saat menerima penghargaan dari Menteri PAN-RB, Azwar Anas, Rabu (02/10/2024), Liputanesia.co.id/Hengki.

Jakarta - Penjabat (Pj) Walikota Langsa Dr. (C). Syaridin, menerima penghargaan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri PAN-RB, Azwar Anas, kepada Pj Walikota Langsa Dr. (C). Syaridin, didampingi Kepala Bappeda Darfian, Kabag Organisasi Setda Reza Fahlevi, dan Kabag Hukum Setda Meka Elizar, di Grand Ballroom Birawa, Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (02/10/2024).

Berdasarkan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2024, pemerintah kota Langsa meraih predikat B (Baik) dan mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya CC (Cukup).

Pj Walikota Langsa, Syaridin menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jajarannya yang telah bekerja keras untuk meningkatkan mutu akuntabilitas kinerja pemerintah kota Langsa.

"Penghargaan ini atas dasar capaian kinerja para kepala OPD kota Langsa yang mampu menyelaraskan seluruh program mulai dari perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja dilakukan sesuai dengan akuntabilitas keuangan," ujarnya.

Lanjut, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah diharapkan mampu mewujudkan pelayanan yang bersih dan akuntabel di setiap lingkup Pemerintah kota Langsa.

"Prestasi yang telah didapatkan ini kita harapkan kedepannya lebih sempurna lagi. Semoga di tahun selanjutnya bisa meraih predikat A dengan capaian kinerja yang lebih baik," kata Syaridin.

Kabag Organisasi Setda kota Langsa Reza Fahlevi, menambahkan SAKIP merupakan rangkaian aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk Penetapan dan pengukuran, Pengumpulan data, Perjanjian kinerja, Pengklasifikasian, Pengikhtisaran, Laporan kinerja.

Beberapa dokumen yang termasuk dalam SAKIP diantaranya Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Strategis (RENSTRA), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kinerja Tahunan (PKT), Laporan Kerja Instansi Pemerintah, (LKIP), Rencana Kerja Anggaran (RKA).

"Produk akhir dari SAKIP adalah LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah). LAKIP menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah," jelas Reza.

Iklan