Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pemkab Aceh Tamiang Gelar Dialog Isu Aktual Jelang Pilkada

Hengki Syahjaya
2 Okt 2024, 20:08 WIB Last Updated 2024-10-02T13:08:24Z
Proses dialog Isu Aktual “Strategi Menangkal Isu Hoaks Polarisasi Politik dan Sara Demi Mewujudkan Pilkada Damai 2024, Rabu (02/10/2024), Liputanesia.co.id/Hengki.

Aceh Tamiang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang menjelang perhelatan demokrasi akbar, melalui Badan Kesbangpol menggelar Dialog Isu Aktual “Strategi Menangkal Isu Hoaks Polarisasi Politik dan Sara Demi Mewujudkan Pilkada Damai 2024”.

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra menyampaikan, memasuki Pilkada 2024, penyebaran berita hoaks politik menjadi isu yang berbahaya dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat di Indonesia, mulai dari Isu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) hingga ujaran kebencian dapat memperlemah ketahanan Nasional.

“Dialog Isu-isu aktual ini, bertujuan untuk membangun masyarakat yang semakin dewasa dalam menyikapi perbedaan terutama ketika menghadapi berbagai pilihan dalam Pilkada”, sebut Pj. Bupati Asra.

Dikatakannya, suksesnya pesta demokrasi juga dibangun dari pemahaman masyarakat tentang etika dan budaya politik.

Keberadaan etika dan budaya politik akan membuat dinamika yang terjadi berjalan aman, nyaman dan damai bagi semua masyarakat. Sehingga masyarakat dengan perasan gembira berpartisipasi dalam pesta 5 tahunan dengan menggunakan hak pilihnya.

“Jangan mudah termakan isu yang beredar saat ini. Semua yang dijalankan oleh pelaksana Pilkada pasti sesuai dengan aturan,” ucapnya.

Asra mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang pada 27 November mendatang demi terciptanya pilkada yang aman, damai, kondusif dan demokratis.

“Masa depan Aceh Tamiang lima tahun ke depan akan ditentukan oleh masyarakat Aceh Tamiang sendiri. Bijaklah dalam memilih dan pilihlah pemimpin yang amanah,” serunya.

“Mari aktif menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu/Pilkada serentak 2024. Gunakan hak suara dalam memilih pemimpin terbaik untuk Negeri dan Aceh Tamiang”, pungkasnya.

Dipandu langsung oleh Kepada Badan Kesbangpol Aceh Tamiang, Agusliayana Devita, Dialog yang berlangsung di aula Setdakab bersama para organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat dan Insan Pers berlangsung sangat interaktif.

Kaban Kesbangpol, Devi juga menghadirkan Narasumber diantaranya Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Inf. Andi Arianto yang membahas “Peran TNI dalam Dinamika Politik Jelang Pilkada Serentak 2024”, Wakapolres Aceh Tamiang, Kompol Ichsan yang membahas “Peran Polri dalam Pencegahan Penyebaran Isu Hoaks pada Pilkada Serentak 2024”, dan Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Dr. Yudhi Syufriadi yang membahas “Isu Politik Identitas dan Politik Uang”.

Iklan