Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Mitigasi Bencana Banjir Aceh Tamiang, Danki Brimob Batalyon B Pelopor Kerahkan Pasukan Bersihkan Pekan Seruway

Hengki Syahjaya
21 Okt 2024, 23:14 WIB Last Updated 2024-10-21T16:14:09Z
Danki Brimob AKP Muhammad Rizaldi saat mitigasi bencana banjir di Desa Pekan Seruway, Senin (21/10/2024), Liputanesia.co.id/Hengki.

Aceh Tamiang - Komandan Kompi (Danki) 2 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Aceh Aramiyah AKP Muhammad Rizaldi, mengerahkan pasukan melakukan mitigasi bencana banjir Aceh Tamiang membersihkan puing-puing pasca banjir di Pekan Seruway, Senin (21/10/2024).

Dalam upaya mitigasi pasca bencana banjir di Desa Pekan Seruway, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, seluruh pasukan bekerjasama membersihkan ketebalan lumpur akibat jebolnya benteng sehingga membawa material lumpur yang begitu tebal di pemukiman warga.

Lumpur dikeruk dengan sekop dan cangkul lalu diangkut ke truk, serta puing-puing material lainnya.

Saat banjir melanda Danki beserta pasukan Brimob melakukan Evakuasi warga terisolir banjir dan evakuasi barang berharga.

Sesudah banjir terjadi Brimob menyalurkan bantuan sosial berupa sembako pokok pada warga terdampak banjir yang ada di tenda pengungsian.

Danki 2 Batalyon B Pelopor AKP Muhammad Rizaldi memimpin langsung pelaksanaan aksi mitigasi bencana banjir bekerjasama BPBD Kabupaten Aceh Tamiang membantu membersihkan sampah yang berserakan dan membantu membersihkan rumah-rumah warga pasca bencana banjir.

“Mitigasi bencana banjir adalah upaya untuk mengurangi risiko dan dampak banjir terhadap masyarakat yang tinggal di kawasan rawan banjir. Mitigasi bencana banjir dapat dilakukan sebelum, saat, dan sesudah banjir terjadi,” jelas Rizaldi.

Komandan Kompi 2 Batalyon B Pelopor AKP Muhammad Rizaldi, menambahkan, kami kembali lagi ke Desa Pekan Seruway dengan tujuan memberi semangat dan memberikan bentuk kepedulian kepada masyarakat korban banjir untuk membantu bersihkan puing-puing.

"Sudah 8 hari kami terus memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir yang dimulai dari tanggal 13 Oktober sampai hari ini tanggal 21 Oktober 2024 yang mana merupakan salah satu wujud Bhakti Brimob kepada Masyarakat dengan mengerahkan sejumlah personil Tim SAR, ke kawasan rawan banjir dan memastikan kembali keadaan masyarakat aman,” papar Danki.

Aksi mitigasi ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat melakukan aktivitas, serta memberikan himbauan kepada warga agar tetap menjaga kebersihan lingkungan, parit dan sungai, sekaligus memastikan kembali agar masyarakat tetap berhati-hati dalam kondisi cuaca yang tidak menentu sejak beberapa hari terakhir, tutup Danki.

Iklan