Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Disnaker Blitar Beri Pelatihan Berbasis Klaster Kompetensi Skema Teknisi AC

Faisal Nur Rachman
21 Okt 2024, 16:26 WIB Last Updated 2024-10-22T05:36:07Z
Pembukaan Pelatihan Berdasarkan Klaster Kompetensi Teknisi AC Disnaker Pemkab Blitar, Senin (21/10/2024)/Liputanesia.co.id/Foto: Faisal NR.

Blitar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Tenaga Kerja memberikan pelatihan berdasarkan klaster kompetensi skema teknisi AC.

Pelatihan ini dibuka Kepala Disnaker Kabupaten Blitar Tavip Wiyono di salah satu rumah makan di Kabupaten Blitar, Senin (21/10/2024).

Tavip menyampaikan, pelatihan dengan klaster kompetensi ini merupakan langkah pemerintah daerah untuk membantu pencari kerja (pencaker) meningkatkan kualitas dan profesionalisme bekerja, khususnya dalam bidang teknisi AC. Keikutsertaan para peserta pelatihan ini menurutnya juga sebagai langkah menuju pengakuan secara nasional.

"Semoga dengan adanya pelatihan berdasarkan klaster kompetensi ini mampu menghantarkan para pencari kerja mendapatkan pekerjaan dan tentunya memiliki profesionalisme yang tinggi ditambah sertifikasi kepada mereka secara nasional," kata Tavip.

Kepala Bidang Pelatihan Kerja, Produktivitas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnaker Kabupaten Blitar, Latip Usman, menambahkan pelatihan ini didananai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Disnaker Kabupaten Blitar tahun anggaran 2024.

Jumlah peserta sebanyak 25 orang yang terdiri 10 orang merupakan keluarga petani tembakau dan 15 orang melalui rekrutmen umum. Sementara untuk pelaksana pelatihan dari BLK Sound Electric Blitar.

"Pelatihan ini selain bermanfaat untuk peserta pelatihan, namun juga memiliki kontribusi pada pembangunan daerah kita," jelas Latip.

Terkait sertifikasi pelatihan, lanjut dia, merupakan upaya Disnaker Kabupaten Blitar bersama pihak terkait untuk mendorong lahirnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, percepatan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing daerah dan mewujudkan Kabupaten Blitar yang semakin baik maju dan sejahtera.

"Saya berpesan untuk selalu semangat dalam mengikuti pelatihan selama 13 hari ini. Semoga bermanfaat untuk seluruh peserta pelatihan," pungkasnya.

Iklan