Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Apresiasi Seni Budaya, Pemkab Blitar Beri Bimtek ke Seniman

Faisal Nur Rachman
21 Okt 2024, 23:43 WIB Last Updated 2024-10-22T05:47:56Z
Pjs. Bupati Blitar Jumadi Buka Bimtek kepada Pelaku Seni di Kabupaten Blitar, Senin (21/10/2024)/Liputanesia.co.id/Foto: Faisal Nur Rachman.

Blitar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada kalangan pelaku seni budaya Kabupaten Blitar di salah satu wisata edukasi di Kabupaten Blitar, Senin (21/10/2024).

Pjs. Bupati Blitar Jumadi hadir sekaligus membuka kegiatan ini, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom dan jajaran instansi terkait.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini yang bertujuan mengembangkan potensi seni budaya sekaligus meningkatkan kapasitas para seniman dalam melestarikan seni budaya," jelas Jumadi.

Ia melanjutkan, melalui karya seni, akan dapat menyampaikan pesan, menginspirasi dan memperkaya khazanah budaya. Kabupaten Blitar dinilainya sangat kaya akan potensi seni dan budaya. Hal itu terlihat dari banyaknya karya seni yang dihasilkan oleh para seniman Kabupaten Blitar.

"Tentu ini adalah anugerah yang harus dikembangkan supaya menjadi daya tarik yang menambah pendapatan daerah, sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Dia berpandangan, semua aspek masyarakat harus bangga akan hal ini, sebut saja bangga dengan salah satu seni budaya Kabupaten Blitar yakni Jaranan Tril yang oleh Kemendikbud dan Ristekdikti RI ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB).

"Ini merupakan suatu modal besar bagi kita untuk mengangkat industri pariwisata Kabupaten Blitar dari sisi budaya," tukas Jumadi.

"Mari kita dukung bersama seni dan budaya khususnya yang ada di Kabupaten Blitar dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana publikasi dan inovasi dengan tidak mengaburkan makna seni budaya itu sendiri. Melalui kegiatan ini, saya berharap para seniman dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diaplikasikan dalam karya-karya panjenengan semua," pungkasnya.

Iklan