Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Tisya dan Yusuf Terpilih Jadi Duta Genre Pemalang 2024

Slamet Sumari
19 Sep 2024, 15:02 WIB Last Updated 2024-09-19T08:02:33Z
Bupati Pemalang, Mansur Hidayat bersama istri Foto dengan Juara 1 Duta Genre 2024, Rabu (18/9/2024) malam/Liputanesia.co.id/Foto: Slamet.

Pemalang - Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Pemalang tahun 2024 digelar di Pendopo Kabupaten setempat, Rabu (18/9/2024) malam. Tisya Hadiyanti dari SMKN 1 Pemalang dan Yusuf Kanar Anshor dari Kecamatan Pemalang terpilih menjadi Duta Genre tahun ini.

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, dalam sambutannya menyampaikan program Genre merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda terkait dampak pernikahan dini, seks pranikah, dan NAPZA.

“Harapannya duta Genre dapat mensosialisasikan dan mempromosikan program-program genre serta bisa menjadi figure motivator dan duta untuk mengampanyekan pencegahan stunting di kalangan remaja,” ucap Mansur.

Sementara, Kepala Dinsos Kabupaten Pemalang, Mu'minun, mengatakan pemilihan Duta Genre 2024 merupakan kegiatan yang digelar setiap tahun. Ajang pemilihan itu digelar sebagai bentuk apresiasi kepada para remaja yang ikut berperan dalam isu kependudukan, kesehatan reproduksi, dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga.

Para finalis sebelumnya, kata dia, sudah melewati rangkaian tahapan seleksi seperti administrasi, wawancara, pemaparan program, dan lainnya.

“Harapannya para finalis generasi berencana ini tetap mengoptimalkan potensi diri dalam mengampanyekan generasi berencana di semua kalangan melalui digitalisasi,” paparnya.

Yusuf Kanar Anshor, juara 1 putra duta Genre Kabupaten Pemalang 2024, kepada wartawan mengatakan, persiapannya menjadi duta yaitu mempelajari delapan substansi genre yang merupakan sangat penting untuk kehidupan remaja.

Minat bakat, kata Yusuf, juga menjadi dasar untuk mengikuti ajang tersebut, dan wawancara video sendiri.

"Untuk program yang sudah saya siapkan yang pertama adalah seperti yang tadi saya katakan pada orasi adalah mengkampanyekan gerakan di media sosial tentang pencegahan kenakalan remaja, kedua berkolaborasi dengan organisasi pemuda maupun masyarakat lain untuk mewujudkan program saya nantinya, dan yang ketiga bekerjasama dengan pihak pihak atau instansi terkait untuk melancarkan program program yang akan dilaksanakan nantinya," ujar Yusuf.


Tisya Hadiyanti, juara 1 putri duta Genre Kabupaten Pemalang 2024, mengatakan dalam sosialisasi program-programnya nanti akan goes to school juga melalui media sosial untuk ranah lebih luas.

"Jadi kita akan sosialisasi atau penyuluhan ke sekolah - sekolah untuk memberikan informasi dan edukasi terkait tentang program genre," jawab Tisya.

Guna menjadi duta Genre di tingkat provinsi Jawa Tengah, mereka akan memperdalam materi dan pengalaman serta update skill juga bertukar pikiran dengan duta - duta Genre sebelumnya.

"Tentunya kita sharing-sharing dengan duta yang kemarin ya, untuk bisa memperdalam materi, memperdalam pengalaman dan tentunya saya juga harus update skill serta mencari banyak pengalaman lagi," tukasnya.

Iklan