Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

PON XXI Aceh-Sumut, Kontingen Bali meraih 2 Medali Emas Cross Country Olympic

Redaksi
7 Sep 2024, 19:35 WIB Last Updated 2024-09-07T12:35:58Z
Perlombaan Cross Country Olympic (CCO) putri di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara di MTB Arena Tahura Bukit Barisan, Kabupaten Karo, Jumat (06/09/2024)/Liputanesia/Foto: Telah Karo Karo Purba.

Tanah Karo - Perlombaan Cross Country Olympic (CCO) putri di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang berlangsung di MTB Arena Tahura Bukit Barisan, Kabupaten Karo, Jumat (06/09/2024) sore, berjalan lancar dengan persaingan yang ketat.

Perlombaan yang digelar mulai pukul 13.00 hingga 16.00 WIB ini diikuti oleh 16 atlet dari berbagai provinsi.

Sayu Bella Sukma Dewi dari Bali tampil sebagai juara dengan menyabet medali emas, setelah menyelesaikan lintasan sejauh 3000 meter per lap.

Rekan satu timnya, Ida Ayu Manik Laksmi Dewi, berhasil meraih medali perak. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Sofi Intan Fazriyanti dari Sumatera Selatan.

Lomba yang berlangsung dalam pengamanan ketat oleh Polres Tanah Karo, Kodim 0205/TK, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Karo, dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Tanah Karo, KOMPOL Edy Sudrajat.

Sebelumnya, pada kategori putra yang digelar pagi harinya, atlet asal Jawa Timur, Fery Yudoyono, berhasil meraih medali emas.

“Kami telah mengerahkan puluhan personel untuk memastikan lomba berjalan aman dan lancar, sama seperti pada kategori putra sebelumnya. Alhamdulillah, semua rangkaian acara terselenggara tanpa insiden serius,” ujar KOMPOL Edy Sudrajat.

Salah satu peserta, Andi Melinda Putri Ardika dari Sulawesi Selatan, sempat mengalami kram kaki dan mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Amanda, Berastagi. Namun, kondisi tersebut tidak mengganggu jalannya perlombaan, yang tetap berjalan hingga selesai.

Pada penutupan lomba, acara dimeriahkan dengan penampilan tarian tradisional dari Sanggar Tari Dangke-Dangke SMKN Berastagi. Prosesi penyerahan medali juga diiringi lagu “Padamu Negeri”.

Medali emas diserahkan oleh Panitia Pengawas ISSI Sumatera Utara, dr. Djajad Sudrajad, kepada Sayu Bella Sukma Dewi.

Medali perak diserahkan oleh Kadispora Karo, Ir. Munarta Ginting, kepada Ida Ayu Manik Laksmi Dewi, sementara medali perunggu diserahkan oleh Sekretaris Umum Pemprov Sumatera Utara, Bessy S. Pane, kepada Sofi Intan Fazriyanti.

Suksesnya penyelenggaraan lomba Cross Country Olympic putra dan putri ini menunjukkan kesiapan Kabupaten Karo sebagai tuan rumah dalam menggelar cabang balap sepeda di PON XXI 2024.

KOMPOL Edy Sudrajat menegaskan bahwa Polres Tanah Karo akan terus siaga hingga seluruh rangkaian PON selesai.

“Kami akan tetap bersiaga hingga hari penutupan, terutama besok untuk pengamanan kategori terakhir. Koordinasi dengan berbagai elemen keamanan terus kami jaga demi memastikan semua acara berjalan dengan aman dan tertib,” pungkas KOMPOL Edy Sudrajat.

(Telah Karo Karo Purba)

Iklan