Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pj Bupati Brebes Terjangkit Monkeypox, Kepala Dinkominfotik Klarifikasi itu Hoax

Redaksi
7 Sep 2024, 20:33 WIB Last Updated 2024-09-07T13:36:30Z
Kabar Pj, Bupati Brebes terjangkit monkey pox, Tatag Koes Adianto, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Kabupaten Brebes, mengatakan itu hoax, Sabtu (07/09/2024)/ Liputanesia/Foto: Humas-Suherman.

Brebes - Beredar di grup WhatsApp (WA) kalau Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, terjangkit Monkey Pox (Mpox) atau cacar monyet. Informasi ini menyebar luas sehingga perlu diklarifikasi kalau kabar tersebut adalah tidak benar atau hoax.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes Tatag Koes Adianto, Sabtu (07/09/2024).

“Informasi yang tersebar di WA maupun medsos lainnya yang menyatakan Pj Bupati Brebes terserang cacar monyet atau Monkeypox tidak benar (hoax),” tandas Tatag.

Untuk itu, kata Tatag, kepada seluruh warga untuk berhati-hati dalam menerima segala informasi, jangan sampai ditelan mentah-mentah. Saring dulu segala informasi akan kebenarannya, apakah fakta atau hoax. “Saring sebelum sharing,” kata Tatag.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowaty juga mengklarifikasi kalau saat ini tengah viral di medsos terutama di WAG tentang kasus tersebut. Sehingga dia menyatakan bahwa kabar itu tidak benar alias Hoax.

“Terkait pasien terduga Mpox yang dirawat di RSUD Brebes, setelah mendapatkan pemeriksaan dokter spesialis kulit hanya menderita cacar air atau varicella. Pasien pada Jumat 6 September 2024 kondisinya sudah baik dan diperbolehkan pulang. Sejauh ini tidak ada laporan, adanya penularan cacar dari pasien tersebut ke orang lain atau keluarganya,” ungkap Ineke.

Ineke menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Kab Brebes untuk tetap meningkatkan kewaspadaan penyakit menular dengan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun serta melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)

“Saya tandaskan, di Kabupaten Brebes sampai dengan saat ini tidak ada Monkeypox, Brebes Zero Mpox/cacar monyet,” tandas Ineke.

(Suherman)

Iklan