Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Peringati WCD, Relawan PMI Kota Langsa Patroli Sampah Bersama DLH

Hengki Syahjaya
29 Sep 2024, 15:09 WIB Last Updated 2024-09-29T08:09:49Z
Relawan PMI Kota Langsa foto bersama Dinas Lingkungan Hidup usai Patroli Sampah, Minggu (29/09/2024), Liputanesia/Hengki.

Kota Langsa - Dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) atau hari bersih-bersih sedunia, relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa menerjunkan Palang Merah Remaja (PMR) unit SMA/SMK melaksanakan Patroli Sampah bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Aksi ini merupakan solidaritas para Relawan PMR dan KSR Markas PMI Kota Langsa untuk mengumpulkan sampah plastik yang berserakan sepanjang jalan Simpang Empat Sungai Pauh hingga KM 5, Minggu (29/09/2024).

“Sampah dikumpulkan dalam kantong plastik besar dan nantinya digabung menjadi satu untuk diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ujar Sekretaris PMI Kota Langsa Zakirullah, pada Liputanesia.co.id.

Peringatan WCD diselenggarakan oleh DLH Kota Langsa dalam aksi nyata dunia dalam menjaga kebersihan bumi akan sampah, guna kebersihan lingkungan, keindahan serta kesehatan, jelas Zakir.

Adapun Relawan PMR yang berpartisipasi dalam “Patroli Sampah” peringatan World Cleanup Day yaitu, PMR SMAN 1, PMR SMAN 2, PMR SMAN 3, PMR SMKN 1, PMR SMKN 2, PMR MAN 2 dan PMR SMKN 6, beserta guru pendamping masing-masing sekolah dan dikoordinir oleh Relawan KSR Markas, Maidin dan Sabil, ungkap Zakir.

Sementara KSR Markas PMI Kota Langsa Maidin, mengatakan, seluruh sampah yang dikutip akan di daur ulang kembali.

“DLH dalam kegiatan ini menyiapkan hadiah dan piagam bagi kelompok yang paling banyak mengutip sampah, sementara kelompok lain hanya mendapatkan piagam” kata Maidin.

Berikut hasil sampah yang diperoleh PMR; 1.PMR SMKN 2 berhasil kumpulkan sampah plastik seberat 23 Kg.
2. PMR SMAN 1 berhasil kumpulkan sampah plastik seberat 16 Kg.
3. PMR MAN 2 berhasil kumpulkan sampah plastik seberat 15.5 Kg.

Terima kasih pada Kepala DLH H Ade Putra Wijaya Siregar yang telah memfasilitasi kegiatan peringatan WCD ini, dan terima kasih pada seluruh peserta PMR yang telah berkontribusi, imbuhnya.

Kita ambil pelajaran terbesar dalam kegiatan ini, “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”, pilihlah lah sampah sebelum kita buang, dan kalau bisa manfaat sampah dengan mendaur ulang sesuai kategorinya, tandasnya.

Iklan