Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Finish, Pj Gubernur Safrizal Terima Obor Api PON dari Pj Walikota Banda Aceh

Hengki Syahjaya
8 Sep 2024, 07:43 WIB Last Updated 2024-09-08T00:46:30Z
Penjabat Gubernur Aceh, Dr. H. Safrizal ZA, saat menerima Obor Api PON XXI dari Pj. Walikota Banda Aceh, Ade Surya, untuk diinapkan di Meuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh, Sabtu (07/09/2024), Liputanesia/Hengki.

Banda Aceh - Perjalanan Kirab Api PON XXI berakhir sudah, setelah Pj Walikota Banda Aceh Ade Surya, menyerahkan Obor Api PON XXI kepada Pj Gubernur Aceh Safrizal, di Meuligoe Gubernur Aceh, Sabtu (07/09/2024).

Usai menerima Obor Api PON XXI, Pj Gubernur menyampaikan apresiasi kepada Tim Kirab dan para bupati dan walikota dan Forkopimda yang telah menyambut kedatangan Tim Kirab Api PON dengan meriah di setiap daerah.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Tim Kirab yang telah menggelorakan semangat PON XXI ke seluruh Aceh. Apresiasi juga kami sampaikan kepada para bupati dan wali kota, Forklpimda serta masyarakat se-Aceh yang telah menyambut Kirab Api PON XXI dengan meriah dan gegap gempita,” ujar Gubernur.

“Sambutan yang luar biasa ini merupakan bentuk dukungan bagi PB PON XXI Aceh untuk bekerja semaksimal mungkin menyukseskan gelaran even empat tahunan ini,” imbuh Safrizal.

Gubernur mengungkapkan, sukses yang dimaksud adalah Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Administrasi dan Sukses Ekonomi.

“Sebagai tuan rumah, kita tentu ingin penyelenggaraan PON XXI sukses dan dikenang oleh seluruh kontingen dan juga para panitia serta masyarakat se-Nusantara. Sedangkan Sukses Prestasi, semua tentu ingin sebagai tuan rumah kita mampu berprestasi lebih baik dari PON XX Papua. Jika PON Papua kita di peringkat 12, maka pada PON XXI kita menargetkan berada di posisi 10 besar,” kata Gubernur.

“Selanjutnya Sukses Administrasi. kita tentu tidak ingin ada yang terluka pasca gelaran PON XXI. Karena itu, sejak awal kita telah berkoordinasi dengan kejaksaan. Terakhir, Sukses Ekonomi, kita tentu ingin kehadiran tamu yang begitu banyak, memberi efek positif kepada pelaku UMKM, perhotelan, tempat wisata dan bidang usaha lainnya,” sambung Safrizal.

Sementara itu, terkait pembukaan, Gubernur menjelaskan, sejak beberapa hari lalu gladi terus dilakukan hingga Senin (08/09/2024) malam mendatang. “Insya Allah, dengan dukungan 8.500 petugas keamanan, pembukaan POan XXI akan berlangsung meriah, sukses dan aman,” ucap Gubernur.

Kepada masyarakat Aceh yang ingin menyaksikan Pembukaan PON XXI di Stadion Lhong Raya, Gubernur menjelaskan, bahwa kapasitas stadion pasca direnovasi dengan sistem tempat duduk single seat hanya sebanyak 13,500 seat. Karena itu, tidak semua masyarakat dapat menyaksikan langsung di Stadion Lhong Raya.

“Kapasitas venue utama tidak memungkinkan panitia untuk mengakomodir seluruh masyarakat dapat menyaksikan pembukaan PON XXI di Stadion Lhong Raya. Karena itu, PB PON telah menyediakan sejumlah lokasi nonton bareng Pembukaan PON XXI. Jadi, kepada masyarakat yang tidak mendapatkan undangan, dapat menyaksikan pembukaan di lokasi nobar tersebut,” imbau Gubernur.

Api PON XXI yang sebelumnya diinapkan di Pendopo, di bawa oleh Pj Walikota didampingi seluruh Forkopimda Kota Banda Aceh dan Tim Kirab, berjalan ke Meuligoe Gubernur Aceh diiringi marching band, untuk menyerahkan Api PON XXI kepada Pj Gubernur Safrizal.

Sebagaimana diketahui, setelah dilepas oleh Pj Walikota Sabang Andri Nourman, di Tugu Sabang Merauke pada 27 Agustus lalu, Tim Kirab membawa Obor Api PON XXI ke seluruh Aceh, mengobarkan semangat bertanding penuh rasa persaudaraan kepada saudara-saudara se-Nusantara para kontingen PON XXI se-Indonesia.

Dari Sabang, Kirab Api PON XXI menyapa seluruh kabupaten/kota di Aceh. Mulai dari Aceh Jaya, Aceh Barat, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam.

Tim Kirab Api PON XXI Aceh sempat singgah di Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara untuk menyerahkan estafet Api PON XXI kepada Tim Kirab Api PON XXI Sumut untuk di kirabkan ke seluruh Sumut.

Selanjutnya, Tim Kirab Api PON XXI Aceh bertolak ke Kabupaten Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Pidie Jaya, Pidie Aceh Besar dan Banda Aceh.

Iklan