Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Pj Walikota Buka Roverdays Pramuka Tingkat Penegak dan Pandega

Redaksi
26 Jul 2024, 21:31 WIB Last Updated 2024-08-13T15:07:50Z
Pj Walikota Langsa Syaridin secara resmi buka Roverdays Pramuka Tingkat Penegak dan Pandega, Jum'at (26/07/2024), Liputanesia/Hengki.

Kota Langsa - Penjabat (Pj) Walikota Langsa Syaridin, resmi membuka kegiatan Roverdays Pramuka Tingkat Penegak dan Pandega Tahun 2024 saat memimpin upacara dengan simbolis pelepasan balon.

Kegiatan dilaksanakan oleh Gugus Depan 01.077-01.078 Langsa Kota 19.20 yang dilaksanakan mulai tanggal 25-28 Juli 2024 di Swimbath Scout Camp, Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama.

Hadir dalam pembukaan, Pj Walikota Langsa Syaridin sebagai Mabicab Pramuka Kota Langsa, Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, Wadanki Brimob, perwakilan Kodim 0104 Aceh Timur, Kepala BAS, T. M. Andika Putra, Kapolsek, Danramil, Camat, Ketua dan Sekretaris KNPI, dan para tamu undangan.

Ketua Mabigus Pramuka Langsa Kota, Saifullah, menyampaikan selamat datang pada peserta Roverdays Pramuka Tingkat Penegak dan Pandega Tahun 2024.

“Alhamdulillah jumlah warga seluruhnya lebih kurang 600 orang, terdiri dari peserta penegak, pandega dan pembina,” ucapnya.

Adapun peserta kegiatan dari Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Timur dan Kota Langsa, serta Kabupaten Aceh Tamiang, jelasnya.

Terima kasih pada segenap stakeholder yang telah berpartisipasi dan seluruh panitia yang sudah mempersiapkan berbagai rangkaian kegiatan, ungkap Ketua Mabigus Saifullah.

Pj Walikota Langsa Syaridin dalam amanatnya menyampaikan, Pemerintah beserta segenap jajaran sera mewakili seluruh masyarakat Kota Langsa mengucapkan, "Selamat Datang" kepada seluruh Peserta Acara Roverdays Tingkat Penegak dan Pandega Tahun 2024 Kota Langsa yang telah berhadir.

“Mudah-mudahan peserta semuanya yang ikut dalam kegiatan ini, baik setingkat SMP maupun SMA, dapat menikmati keindahan dan kenyaman yang ditawarkan oleh Bumper Swinmbath Scoutcamp,” ujarnya.

Pemilihan Lokasi untuk pelaksanaan kegiatan Roverdays Tingkat Penegak dan Pandega Tahun 2024 Kota Langsa merupakan keputusan yang tepat, selain lokasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Langsa yaitu Taman Hutan Kota yang berada di Lokasi Paya Bujok Seuleumak tepatnya di depan Rumah Sakit Cut Mutia PTPN 1.

“Lokasi Bumper Swimbath Scoutcamp juga merupakan salah satu lokasi wisata di Kota Langsa, yang sangat diminati oleh masyarakat, karena disini kita bisa melepas lelah dan penatnya kegiatan sehari-hari sambil beristirahat dan menikmati indahnya alam yang dimiliki oleh Kota Langsa,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota Langsa juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia acara Roverdays Tingkat Penegak dan Pandega Tahun 2024 Kota Langsa, khususnya kepada Ketua Gugus Depan 01 077- 01 078 Langsa Kota 19.20 yaitu Saifullah, yang telah menginisiasi lahirnya kegiatan Roverdays Tingkat Penegak dan Pandega pada hari ini.

“Beliau juga merupakan salah satu Pimpinan di Jajaran Lembaga Legislatif Kota Langsa yaitu sebagai Wakil Ketua DPR Kota Langsa yang pada tahun ini kembali terpilih untuk periode 2024/2029,” jelas Pj Walikota Langsa.

Pada Kesempatan ini Pemerintah Kota Langsa juga meyakini bahwa Ketua Gugus Depan 01 077- 01 078 Langsa Kota 19.20 telah menjalankan perannya dalam hal pembinaan para anggota Pramuka Kota Langsa, dan melalui kegiatan ini pula Insya Allah anak-anak kita akan mampu melahirkan bakat dan talenta yang masih terpendam dari para anggota Pramuka yang ada di Kota Langsa. 

"Kita juga berharap semoga even ini dapat merangkul lebih banyak peserta kedepannya, khususnya Tingkat Penegak dan Pandega, sehingga kedepannya kegiatan Roverdays Tingkat Penegak dan Pandega ditahun depan akan menjadi semakin lebih baik dan semakin meriah,” harap Syaridin.

Penegak dan Pandega merupakan anggota muda gerakan Pramuka yang berusia 16-20 tahun. Secara umum usia tersebut masuk pada masa sosial (Kohnstam) atau disebut juga masa remaja awal yaitu masa dimana mereka sedang dalam proses pencarian jati diri, mereka memiliki semangat yang kuat, suka berdebat dan diikuti oleh kemauannya yang kuat, sehingga agak sulit dicegah kemauannya apabila tidak melalui kesadaran dan rasionalitas.

Acara Roverdays Penegak dan Pandega ini merupakan salah satu solusi untuk memberikan latihan ke arah kemandirian dan tidak menjadi beban orang lain, persaudaraan bakti, mendidlik diri sendiri dengan menambah kecakapan sebagai bekal pengabdian yang berguna bagi masyarakat, sehingga Remaja Pramuka kita memiliki cara hidup yang ideal dengan berpedoman pada Trisatya dan Dasadarma dari Pramuka, tambahnya.

Dalam gerakan pramuka juga terdapat lembaga-lembaga yang dapat memberikan pendidikan khususyang menjurus kepada peminatan yang disebut dengan satuan karya (saka) seperti saka bahari, saka bakti husada, saka bhayangkara, saka dirgantara, saka kencana, saka taruna bumi, saka wana bakti, saka wira kartika, dan bebe rapa saka lain, mungkin kedepannya Ketua Gugus Depan 01 077- 01.078 Langsa Kota 19.20 beserta seluruh jajarannya, dapat melaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan tersebut, sehingga gerakan Pramuka kita semakin kreatif dan inovatif dalam dunia kepramukaan.

Pada kesempatan yang baik ini juga, sekali lagi kami mengucapkan "Selamat Mengikuti acara Roverdays Tingkat Penegak dan Pandega Tahun 2024 Kota Langsa kepada seluruh peserta, tetap semangat, pantang menyerah dan selalu menjunjung tinggi sportifitas, tandas Syaridin.

Iklan