Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Peringatan Hari Anak Nasional ke - 40 Tahun, Pemkab Pemalang Adakan Seminar

Redaksi
25 Jul 2024, 19:28 WIB Last Updated 2024-08-13T15:07:50Z
Seminar dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional ke 40 tahun oleh Pemkab Pemalang, di Gedung RGP Convention Center, Kamis (25/7/2024)/Liputanesia/Foto: Slamet.

Pemalang - Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 yang jatuh pada 23 Juli 2024 diselenggarakan di berbagai daerah oleh lembaga pemerintah dan non-pemerintah. Di Pemalang, Jawa Tengah, peringatan HAN didukung pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat bersama sejumlah organisasi, menyelenggarakan seminar pada Kamis di gedung RGP Convention Center Bojongbata, Kamis (25/7/2024).

Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, upaya pencegahan, dan tindakan penanganan terhadap kekerasan berbasis gender dan kekerasan terhadap anak.

"Yang paling penting adalah bagaimana anak anak bisa memperoleh hidupnya dengan sebaik baiknya," kata Mansur.

Menurutnya, upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan diwujudkan dengan terselenggaranya pelayanan profesional oleh pekerja sosial, baik di instansi pemerintah maupun lembaga di bidang kesejahteraan sosial.

Mansur menginginkan di sekolah sekolah Kabupaten Pemalang tidak ada lagi bullying yang bisa menyebabkan anak malas untuk belajar atau berangkat ke sekolah.

Lebih lanjut, Mansur berpesan kepada para guru di lingkungan sekolah kabupaten Pemalang agar ada guru yang menilai perilaku anak didiknya.

Di hadapan puluhan wartawan, Mansur menyampaikan kepada Dinas terkait, agar dalam acara seminar porsi anak diperbanyak lagi dan tematik anak di lapangan seperti masalah sampah atau bullying.

"Seminar ini bagus tapi nanti ke depan evaluasi bagaimana lebih kepada anak yang lebih kita berdayakan," ucapnya.

Guna pencegahan kasus kekerasan pada anak, Mansur perintahkan kepada Dinas Sosial agar membuat tim yang bekerja sama dengan TNI-Polri. Nantinya tim itu turun ke sekolah sekolah untuk melakukan sosialisasi bersama masyarakat.

"Ini tugas kita pak Dinsos, nanti timnya SK Bupati. Tim bersinergi TNI-Polri, kemenag, pengadilan agama, dan media atau yang lainnya," kata Bupati Pemalang.

Iklan