![]() |
Tim Penilai Kemenkumham RI (baju batik) lakukan Desk Evaluasi dan Verifikasi Lapangan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe, Selasa (14/5/2024)/Dok.Liputanesia-Dedi. |
Kepala kantor imigrasi, Usman, didampingi oleh ketua pembangunan Zona Integritas (ZI), Izhar Rizki, beserta ketua pokja dan tim pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, menyambut kehadiran tim dengan yel - yel yang kompak dan bersemangat.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe,Usman, menyampaikan pemaparan terkait dengan capaian kinerja, prestasi dan penghargaan, serta proses pembangunan Zona Integritas pada imigrasi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
Usman, mengatakan, "Imigrasi Lhokseumawe berkomitmen untuk melakukan perubahan pola pikir dan budaya kerja, sebagai salah satu upaya yang dilakukan agar dapat memperoleh predikat wilayah bebas dari korupsi serta wilayah birokrasi bersih dan melayani."
Perubahan menuju ke arah yang baik selalu diusahakan oleh seluruh tim, dengan bekerja sama dan sama - sama bekerja.
Dengan demikian, pelaksanaan tugas dan fungsi dapat terlaksana dengan baik dengan saling bahu membahu antara seluruh tim, tandasnya.
![]() |
Sesi saat tim internal Kemenkumham lakukan Desk Evaluasi dan Verifikasi Lapangan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe, Selasa (14/5)/Dok.Liputanesia. |
Usman, menambahkan, Inovasi yang diciptakan oleh Imigrasi Lhokseumawe juga diharapkan dapat menjawab harapan masyarakat, salah satunya adalah ES MiLho, Emergency Service Imigrasi Lhokseumawe, yaitu permohonan paspor bagi orang sakit yang petugas langsung datang ke lokasi pemohon, juga dengan inovasi lainnya, tutupnya.
Pada kesempatan itu, Tim Desk Evaluasi juga memberikan saran dan masukan terkait poin - poin yang dapat ditingkatkan dari Imigrasi Lhokseumawe.
Salah satunya adalah kembali menambah inovasi yang ada dan diharapkan dapat langsung juga menyentuh masyarakat.
![]() |
Sesi tanyak jawab Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe, Usman, Selasa (14/5/2024)/Dok.Liputanesia. |
"Usaha yang diberikan oleh Imigrasi Lhokseumawe sudah sangat optimal dan baik, dapat kami rasakan dari pemaparan yang disampaikan, singkat namun sangat padat dan seluruh poinnya tersampaikan kepada kami," ungkap Superman selaku pengendali teknis dari Kemenkumham RI.
Hal ini juga diharapkan dapat ditingkatkan dan dipertahankan semangatnya. Seluruh poin - poin, saran, masukan, yang disampaikan oleh tim agar dapat ditindaklanjuti dan dievaluasi kembali, sebut Superman sebagai penutup.
![]() |
Tim penilai Kemenkumham RI cek Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe, Selasa (14/5/2024)/Dok.Liputanesia. |
Setelah dilakukan paparan dan tanya jawab, tim evaluasi melakukan verifikasi lapangan dan pengecekan atas sarana dan prasarana yang dimiliki, serta menanyakan terkait proses layanan yang dilaksanakan di Kantor Imigrasi Lhokseumawe pada Selasa (14/5).
Tim verifikasi menyampaikan, bahwa dengan ruang yang terbatas, Imigrasi Lhokseumawe mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti adanya Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas), Papan Informasi dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, dan tersebar di lingkungan kantor, dan hal - hal lainnya.
Perlu diketahui, Imigrasi Lhokseumawe berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan, serta sarana prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat, demi terciptanya suasana dan proses layanan yang diharapkan oleh seluruh pihak.
(Dedi)