Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Tahun 2024, Amazon Akan Meluncurkan Iklan di Prime Video

Redaksi
24 Sep 2023, 15:10 WIB Last Updated 2024-09-09T17:41:05Z
Logo layanan streaming Amazon Prime Video terlihat pada gambar ilustrasi yang diambil pada 5 Maret 2021. REUTERS/Denmark Siddiqui/Illustration.

Tehnologi (Reuters) - Amazon (AMZN.O) Prime Video tahun depan akan bergabung dengan pesaing streaming dalam meluncurkan iklan dan memperkenalkan tingkat bebas iklan dengan harga lebih tinggi, ketika industri ini bergulat dengan perlambatan pertumbuhan pelanggan sejak pandemi, Minggu (24/9/2023).

Raksasa teknologi AS itu mengatakan pada hari Jumat bahwa iklan akan diperkenalkan di AS, Inggris, Jerman, dan Kanada pada awal tahun 2024, diikuti oleh Prancis, Italia, Spanyol, Meksiko, dan Australia pada akhir tahun ini.

Tingkat bebas iklan Amazon akan dikenakan biaya tambahan $2,99 per bulan di AS, di mana langganan Prime saat ini berharga $14,99 per bulan, atau $139 per tahun. Harga untuk negara lain akan dibagikan nanti, kata perusahaan itu.

Netflix (NFLX.O) dan Walt Disney (DIS.N) juga telah menerapkan langkah serupa, dengan harapan lonjakan pendapatan iklan akan menutupi perlambatan penambahan pelanggan.

Namun, pertumbuhan rencana yang didukung iklan berjalan lambat. Untuk meningkatkan langganan pada tingkat tersebut, Netflix telah membatalkan paket dasar bebas iklan di AS dan Inggris, sementara Disney telah menaikkan harga untuk tingkat bebas iklannya.

Amazon sudah menampilkan iklan pada konten acara langsung seperti NFL's Thursday Night Football, sebuah praktik yang akan terus berlanjut bahkan jika pelanggan telah membayar untuk paket bebas iklan, kata perusahaan itu.

Perusahaan tersebut mengatakan pihaknya berencana untuk menampilkan lebih sedikit iklan dibandingkan TV tradisional dan penyedia streaming lainnya, dan menambahkan bahwa pihaknya tidak akan menaikkan harga pada tahun 2024 untuk paket keanggotaan Prime saat ini.

Perusahaan ritel online tidak membagikan nomor keanggotaan Prime. Namun Insider Intelligence memperkirakan Amazon Prime adalah platform streaming video terbesar ketiga di AS dengan 157,3 juta pelanggan, hanya tertinggal dari YouTube dan Netflix.

Setelah dua laporan pendapatan yang mengecewakan, Amazon melaporkan pertumbuhan penjualan dan laba kuartalan yang lebih baik dari perkiraan pada bulan Agustus, didukung oleh peningkatan pada mesin pertumbuhan utamanya, e-commerce dan komputasi awan.

Iklan