Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Dosen dan Mahasiswa Unsam Sosialisasi dan Pelatihan Teknologi Silase

Redaksi
31 Agu 2023, 18:23 WIB Last Updated 2024-09-09T17:41:14Z


Kota Langsa - Dosen beserta mahasiswa Universitas Samudra (Unsam) Negeri Langsa, gelar sosialisasi dan pelatihan teknologi silase pada bank sampah Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Mitra Usaha Mandiri, Gampong Meurandeh Dayah, Kecamatan Langsa Lama, Kamis (31/08/23).


Ketua tim PKM Irwansyah, membuka acara kegiatan dan kemudian tim beserta mitra melaksanakan praktek langsung dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan silase yang dimulai dengan memberikan pemahaman kepada mitra tentang pengelompokan limbah atau sampah organik yang bisa di manfaatkan utk silase, penggunaan dan pemasaran silase. 


"Lalu tim memberikan praktek langsung penggunaan mesin cacah sampai pembuatan silase," ucap Irwansyah.


Irwansyah menambahkan, bahwasanya kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memotivasi masyarakat dalam mengelola sampahnya melalui Bank Sampah Gampong sehingga membantu mengurangi kerusakan lingkungan. 


Kemudian kegiatan ini perlu dilakukan dengan memperhatikan permasalahan yang selalu timbul pada tempat pembuangan akhir Kota Langsa, yang mengharuskan Gampong mengelola dan memanfaatkan limbah anorganik juga limbah organik Gampong dengan memberikan pelatihan cara mengolah limbah organik menggunakan teknologi silase sebagai pakan ternak jika terjadi kemarau atau kesulitan mencari pakan ternak, pungkasnya.


Sementara, Direktur BUMG Mitra Usaha Mandiri Khairi Umri, menyampaikan tentang harapannya kepada pengelola Bank Sampah agar mau bersinergi bersama tim PKM Unsam dalam mengelola sampah Gampong, yang nantinya keseluruhan pendapatan dari pengelolaan sampah akan digunakan untuk membangun Gampong Meurandeh Dayah.


Kami sangat berterima kasih pada pihak Unsam terutama dosen dan para mahasiswa yang melakukan kegiatan PKM di Gampong kami dan memberikan sosialisasi serta pengetahuan teknologi silase guna memanfaatkan limbah atau sampah menjadi pangan ternak, serta terima kasih bantuan alat yang diberikan, akan kami rawat dan pergunakan dengan sebaik-baiknya, pungkas Direktur BUMG.

Iklan